Kacamata Aviator menjadi salah satu bagian penting dari fashion pria. Pertama kali dikembangkan untuk kebutuhan militer pada era Perang Dunia II, kacamata ini kini menjelma menjadi salah satu model terfavorit untuk kalangan fashion lover.

Selain bentuk framenya yang dapat melindungi dari sinar matahari, kacamata Aviator ini ternyata punya sejarah yang panjang. Nah, di artikel ini Vherkudara akan membahas sejarah dari munculnya kacamata keren ini. Yuk, simak selengkapnya!

Sejarah Kacamata Aviator

Sebelum dikenal dengan nama kacamata aviator, awalnya kacamata ini dinamakan Pilot’s Glasses atau kacamata pilot. Hal ini didasarkan karena tujuan dibuatnya adalah untuk para pilot pesawat tempur agar terlindung dari sinar matahari. Perusahaan yang mengembangkannya bernama Bausch & Lomb pada tahun 1936 atas request dari pasukan militer Amerika Serikat.

Karakteristik utama pada kacamata ini yakni lensa gelap untuk memantulkan cahaya. Ukurannya pun lebih besar dari area bola mata. Pada frame-nya sendiri, menggunakan material plastik dan logam tipis sehingga dapat dikenakan dengan nyaman.

Perusahaan Bausch & Lomb sendiri membuat kacamata ini untuk kebutuhan para pilot saat menerbangkan pesawat. Oleh sebab itulah namanya kemudian berubah menjadi aviator yang berarti penerbangan. Pada saat itu, kacamata ini masih dianggap sebagai aksesoris kebutuhan perang.

Pada saat Jenderal Douglas MacArthur mengenakan kacamata ini di Perang Dunia II, saat itulah warga Amerika Serikat menilainya sebagai kacamata pria yang melambangkan kekuatan dan ketangguhan. Foto Jenderal Douglas yang mengenakan kacamata ini tersebar luas di Amerika Serikat sehingga image patriotik dan manly menjadi perhatian. Mulai saat itulah kacamata ini menjadi sorotan banyak orang dan berubah menjadi simbol pria.

Kacamata Aviator Menjadi Fashion Pria

Setelah berhasil menciptakan kacamata aviator untuk militer, Bausch & Lomb melihat kepopuleran itu sebagai peluang untuk dipasarkan ke publik. Pada tahun 1950an, kacamata aviator dengan nama Ray-Ban Aviator resmi mulai dipasarkan ke publik untuk kebutuhan fashion pria. Desain kacamata fashion ini dimodifikasi pada frame dan lensanya dengan variasi warna yang berbeda.

Kepopuleran ini semakin didukung dengan banyak musisi dan aktor Hollywood yang kerap kali mengenakannya seperti Elvis Presley dan Michael Jackson. Hal ini kemudian menjadi budaya pop yang menyebar ke seluruh dunia dengan kacamata bergaya pilot.

Selain populer oleh para musisi pop dunia, kacamata ini juga semakin naik daun dengan dirilisnya film Top Gun, dimana semua pemainnya mengenakan kacamata Aviator. Hal ini tentunya membuat popularitas Ray-Ban Aviator semakin meroket.

Jenis Kacamata Aviator Modern

Seiring dengan berkembangnya dunia fashion, kacamata Aviator juga mengalami perkembangan dari segi desain, style, dan lensanya. Pada abad ke 21 ini, dunia fashion sering menambahkan unsur-unsur sejarah dalam konsep dan desain. Kacamata Aviator sendiri juga telah berkembang dengan beragam jenis dan model. Berikut beberapa model terbaik yang bisa kamu pilih.

1. O.G. Aviators

Kemunculan Ray-Ban dalam dunia kacamata pria sudah hampir satu abad dan desain originalnya masih terlihat gagah dan awet sepanjang masa. Perkembangan zaman membuatnya berinovasi dan datang dengan frame dan lensa yang bervariasi serta masukkan gradasi lensa yang elegan. Pada jenis O.G. Aviator ini, terinspirasi dari Commander-in-Chief di film Maverick: Top Gun dengan lensa polar yang membuatmu tampil seperti pilot berkharisma.

2. American Optical

Pada model yang satu ini, kamu mungkin sering melihat Robert de Niro di film Taxi Driver tahun 1970 an dengan look garang dan rebel. Desain frame klasik dan mempertahankan orisinalitas generasi pertamanya, membuat penampilan lebih ideal dan gagah.

3. Movie Stars Aviators, Steve McQueen

Untuk model ini terinspirasi dari pembalap supercar Steve McQueen yang didesain khusus untuk pembalap yang lebih mengutamakan desain frame dengan engsel panah yang tajam. Kacamata Aviator model ini lebih cocok dikenakan dengan jeans lebar dan jaket parasut atau kulit. Kesan Old Hollywood yang kental akan sangat terlihat.

Itulah sejarah dari kacamata Aviator dan perkembangannya menjadi salah satu aksesoris yang penting dalam dunia fashion. Perkembangan yang membawa pada munculnya banyak variasi dan model tentunya memberikan kamu pilihan untuk fashion terbaik. Kesan klasik dan manly dari kacamata ini akan selalu menjadi salah satu yang digemari oleh fashion lover, khususnya pria.

Sudah siap memilih kacamata Aviator andalanmu? Ikuti terus artikel-artikel menarik lainnya di Vherkudara.id!

Leave a Reply

Your email address will not be published.